Mengelola atau mengatur waktu (Time Management) bagi seorang pengusaha sangatlah penting, bahkan Ben Simkin (CEO BusinessNet) dalam sat...
Mengelola atau mengatur waktu (Time Management) bagi seorang pengusaha
sangatlah penting, bahkan Ben Simkin (CEO BusinessNet) dalam satu artikel
mengatakan bahwa hanya ada satu hal penting yang harus diperhatikan oleh
seseorang yang sedang membangun bisnis itu adalah Time Management /Pengaturan
waktu.
Ben mengatakan bahwa time management adalah sklill yang sangat vital
untuk dimiliki, dan telah banyak yang merasa menyesal karena mereka tidak bisa mengatur
waktu dengan baik. Persepsi yang salah mengenai seorang entrepreneur adalah
mereka dapat tidur kapan saja, mengatur meeting dimana saja, menganggap karena
mereka tidak mempunyai atasan maka mereka bebas juga mengatur waktu.
Tetapi Ben tidak mengembangkan BusinessNET
dengan cara tersebut, dan itu bukan jalur yang benar bila ingin mendapatkan
kejayaan yang berkelanjutan. Menjadi bos untuk dirimu sendiri bukan berarti
berhenti mengikuti jadwal, tetapi kamu sendiri yang membuat jadwal.
Ben meyakini bahwa satu hal yang membuatnya menjadi seorang miliuner
saat ini adalah pengaturan waktu yang baik. Dan berikut ini adalah 4 langkah
yang dianggap oleh Ben sangat efektif untuk dilakukan:
1. Perintahkan Seseorang Untuk “Menjaga Pintu.”
Ben tidak pernah menerima telepon secara langsung sejak dia memiliki
tim kerja. Mendengarkan suara orang yang berbeda – beda pada saat menelepon
mengharuskan penelepon untuk melakukan 2 hal: mereka harus mengetahui hal apa
yang harus dibicarakan, dan mereka harus meninggalkan pesan yang singkat. Dengan
memiliki asisten kamu akan tahu telepon mana saja yang memang harus di ‘follow
up’ oleh kamu sendiri pada waktu yang tepat, mengisyaratkan kepada klien juga
bahwa waktumu sangat berharga tanpa harus mengatakannya.
Setelah melakukan hal ini Ben mengatakan produktifitasnya melonjak drastis
dan dia juga memiliki waktu lebih untuk berbicara secara langsung dengan orang
disekitar. Seorang ‘penjaga pintu’ berharga dua kali lipat dari biaya yang kamu
keluarkan.
2. Berhenti Memeriksa Email Terus.
Hentikan saja. Simpan handpone dan jangat sering melihat layar monitor.
Carilah orang lain untuk melakukannya atau buatlah waktu khusus untuk memeriksa
pesan – pesan tersebut, setengah jam dari waktu kerja mingguan anda (bukan
harian). Balaslah email berdasarkan prioritas, untuk memastikan bahwa kita
mengurusi hal – hal yang vital terlebih dahulu dan abaikan pesan – pesan yang
tidak berkaitan dengan bisnis.
Ben selalu meminta tim nya memeriksa setiap email yang masuk dan
menandainya bila email tersebut benar – benar penting. Hal ini memberikannya
tambahan 15 jam dalam satu minggu – apa yang bisa dilakukan dengan 15 jam
seminggu? Bagaimana pengaruhnya bila waktu tersebut digunakan untuk
mengembangkan bisns? Jawabannya bisa bernilai ratusan juta.
3. Buatlah ‘To-Do list’, dan Konsisten untuk Mengerjakannya.
Disiplin adalah inti dari mengatur waktu. Mendisiplinkan diri sendiri
akan lebih mudah bila kamu memiliki waktu luang dan juga fokus. Jadi ketika
kita mendelegasikan lebih banyak maka jadwal kita akan semakin bersih, dan bila
hal itu dimiliki kita dapat mengatur dan membuat ‘To-Do list’ dengan lebih
mudah. “Doing less allow to do more.”
Saat waktumu dimaksimalkan, kamu akan melihat hal yang memang benar –
benar penting muncul: tujuan utama yang benar – benar harus anda kejar sebagai
seorang pemimpin dan seorang pemilik bisnis.
4. Hindari Face-to-face Meeting.
Ben Beranggapan bahwa meeting adalah hal yang melelahkan dan fenomena
yang tidak begitu penting dalam dunia bisnis. Jika Ben mempunyai pesan yang
harus disampaikan, dia memilih untuk merekam pesan tersebut. Jika Ben merasa harus benar – benar terlibat
dalam meeting, Ben lebih memilih melakukannya secara online seperti melalui
Skype. Dan jika Ben hanya ingin tahu apa yang sedang dibicarakan Ben lebih
memilih untuk mengirim seseorang untuk mengikuti meeting tersebut untuk
mencatatnya.
Memiliki sedikit jadwal meeting membuat Ben memiliki waktu lebih banyak
untuk mengurusi bisnis nya, melatih mental dan kesehatan fisik, dan juga
mengurangi meeting didalam perusahaannya. Dan memberikan efek yang positif
untuk semua orang yang ada didalam perusahaannya.
Time management atau pengelolaan waktu dibagi kedalam 3 langkah: fokus, prioritas, delegasi. Bisnismu
harus mempunyai rencana jangka panjang dan pendek untuk menyelesaikan tugas –
tugas yang ada, dan harus memiliki tim dengan level tinggi untuk mengurusi
segala urusan. Ben mengatakan bahwa dia membangun perusahaan multi-million
dollar nya dengan bertumpu pada time
management yang baik. Lakukan 4 hal diatas dan hasilnya mungkin membuatmu
terkejut.
COMMENTS