Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)

Berikut adalah pengalaman pribadi saya menjenguk orang di penjara Kantor Polisi. Kapan saja waktunya? apa saja syaratnya? bagaimana tata caranya? semua akan dibahas dalam artikel ini.

Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)
Pic: Legal Beagle

Berikut adalah pengalaman pribadi saya menjenguk orang di penjara Kantor Polisi. Kapan saja waktunya? apa saja syaratnya? bagaimana tata caranya? semua akan dibahas dalam artikel ini.

Sebelum lanjut ke pengalaman, saya ingatkan lagi bahwa ini menjenguk orang dipenjara yang (masih) berada di Kantor Polisi ya, bukan di lapas (lembaga pemasyarakatan).

Mereka yang dipenjara di Kantor Polisi umumnya belum masuk ke tahap persidangan. Belum mendapat vonis berapa lama orang tersebut harus dihukum (dipenjara). Jangankan berapa lama hukuman, bersalah atau tidaknya pun pasti belum diputuskan.

Untuk menjaga dan menghargai privasi orang yang saya jenguk di penjara, maka saya tidak akan membahas pribadinya namun bisa saya sampaikan bahwa beliau dipenjara karena kasus narkoba.

Waktu kunjungan untuk menjenguk orang di penjara kantor polisi

Jika waktu kunjungan untuk menjenguk orang dipenjara di lapas berbeda - beda, maka waktu kunjungan untuk orang yang di penjara kantor Polisi umumnya seragam, waktunya sama di semua Polres di Indonesia.

Karena waktu kunjungan di kantor polisi telah diatur dalam Peraturan Kapolri No. 4 tahun 2015. Didalam peraturan itu disebutkan bahwa waktu kunjungan adalah di hari Selasa dan Kamis

Waktunya mengikuti jam kerja (sekitar jam.10:00 s/d jam 14:30). Tergantung kebijakan dari masing - masing polres bisa buka lebih pagi dan tutup lebih sore, atau bisa juga buka lebih siang dan tutup lebih cepat.

Waktu kunjungan sangat dibatasi, hanya 15 menit dalam satu kali kunjungan, jadi jika kita berdua atau bersepuluh-pun datang menjenguk, tetap saja kita hanya mendapatkan 15 menit waktu bicara.

Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)
Peraturan Kapolri No.4 tahun 2015 tentang hak tahanan menerima kunjungan (Pasal 20)

Syarat menjenguk orang di penjara kantor polisi

Tidak seperti di lapas /LP (Lembaga Pemasyarakatan) yang mengharuskan kita mengikuti beberapa tahap pendaftaran, di penjara kantor polisi kita hanya diminta mengisi buku tamu, itupun dituliskan oleh petugas yang sedang menjaga pendaftarannya.

Barang atau makanan yang akan diberikan ke orang yang berada di penjara akan diperiksa terlebih dahulu oleh polisi. 

Tas ransel ataupun tas tangan tidak boleh dibawa ke ruangan kunjungan, maka dari itu petugas yang berjaga akan mengarahkan kita untuk menyimpan tas - tas tersebut ke dalam loker yang telah disediakan.

Sebelum lanjut ke tata cara atau langkah - langkah mengunjungi atau menjenguk orang di penjara kantor polisi, saya ingatkan lagi, ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, jadi mungkin ada beberapa yang berbeda dengan yang lainnya, tapi secara keseluruhan insyaallah sama.

Cara menjenguk orang di penjara kantor polisi berdasarkan pengalaman pribadi

  1. Setelah tiba di gerbang utama kantor polisi beri informasi kepada petugas piket (gerbang) bahwa anda ingin menjenguk orang yang sedang dipenjara (jika belum tau, sekalian juga tanyakan dimana lokasi persisnya, atau di bagian apa, gedung yang mana)
  2. Masuk ke area atau gedung tahanan (cari atau tanyakan tempat membesuk /menjenguk orang yang ditahan)
  3. Di meja informasi dan pendaftaran anda akan dimintai nama dan alamat, sekaligus juga nama tahanan yang ingin ditemui.
  4. Anda akan diminta memperlihatkan makanan atau barang bawaan yang akan diberikan kepada tahanan (makanan atau barang tersebut akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas yang berjaga)
  5. Selanjutnya anda akan diminta untuk menyimpan tas (termasuk tas tangan atau handbag) atau barang bawaan besar lainnya ke dalam loker yang telah disediakan karena tidak boleh boleh dibawa ke ruang kunjungan
  6. Anda akan diminta untuk masuk ke ruang kunjungan dimana terdapat pemisah antara ruangan berupa tembok dan kaca yang saling berhadapan.
    Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)
    Tipe ruangan pertemuannya mirip seperti ini (Pic: Legal Beagle)
  7. Setelah giliran anda tiba, nama tahanan yang anda ingin temui akan dipanggil dan anda akan dipersilahkan untuk bertemu (berhadap - hadapan) 
  8. Di kantor polisi yang saya datangi, kami berkomunikasi menggunakan saluran telepon internal (seperti di gambar atas).
  9. Untuk dapat terhubung kita harus menekan nomor ekstensi seperti di kantoran (nomor ekstensinya sudah tertera diatas telepon). Silahkan gunakan waktu berbicara anda sebaik - baiknya.
  10. Setelah waktu berbicara habis, saya diberi kesempatan untuk bertemu dan bersalaman secara langsung dengan tahanan, sekaligus ucapan perpisahan.
  11. Jangan lupa bawa kembali tas /barang bawaan anda yang disimpan di loker.
  12. Pulang. Selesai!

Tips menjenguk orang di penjara kantor polisi

  • Jika ada, persiapkan bingkisan atau barang untuk diserahkan (bila perlu cari tahu apa yang memang benar - benar diperlukan orang tersebut di dalam sel)
  • Persiapkan juga hal - hal yang akan dibicarakan, mengingat waktu yang diberikan sangat terbatas (15 menit)
  • Jangan berpakaian yang berlebihan atau aneh - aneh, ingat ini adalah kantor polisi.

Semoga artikel ini dapat membantu, khususnya bagi Anda yang akan atau ingin menjenguk orang di penjara kantor polisi. Ingat ya, di penjara kantor polisi, bukan di LP /Lembaga pemasyarakatan atau Lapas.

Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah.

Artikel menarik lainnya dari Foclass.com:

COMMENTS

BLOGGER: 46
  1. Berapa maksimal pakaian yang bisa di berikan atau dimiliki tahanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jumlah pastinya saya tidak tahu pak, secukupnya saja. Sedikit - sedikit saja, nanti kalau kurang kan tinggal ditambah saja di kunjungan selanjutnya.

      Hapus
  2. Bayar gak untuk jenguk tahanan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengalaman saya kemarin ga ada bayar2, gratis.

      Hapus
  3. Mengapa tahanan sudah 4hari 4 malam belum bisa sama sekali di temui atau di jenguk ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu saya pribadi kurang tau tapi kalau ke keluarga biasanya dikasih penjelasan kenapa belum bisa ditemui

      Hapus
  4. Apa kita blh bawa makananvygvdi beli di mall misal kfc dan boleh bawa sarung dan sajadah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya boleh, dan biasanya sebelum dikasih ke tahanan diperiksa dulu sama petugas yang jaga

      Hapus
  5. Apakah boleh bawa rokok buat tahanan dirutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau pasti tapi harusnya sih boleh ya bawa rokok buat tahanan. karena didalam rutan juga biasanya ada semacam kantin gitu dan jual rokok juga.

      Hapus
  6. sarung gak boleh,biasanya sdh disediakan di kantor polisi.
    lagian ada jg kntor polisi yg gak mngijinkan sarung msk krn takut trjd hal2 yg tdk baik contoh tahanan bunuh diri pk kain sarung tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. terimakasih ya informasinya. mudah - mudahan juga bisa bermanfaat buat pembaca lainnya

      Hapus
  7. Balasan
    1. kalau parfum saya kurang tau ya, takutnya salah jawab. Kalau penasaran ya nanti dibawa saja saat menjenguk, kalaupun gak dibolehin ya kita bawa pulang lagi aja parfum nya

      Hapus
  8. Kalau hari libur boleh tdk antat makanan sj

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih bisa ya. Tapi lebih baik ditanyakan langsung ke kantor polisinya karena walaupun minggu buka tetap ada waktu jenguknya

      Hapus
  9. Dimasa pandemi ini apa boleh berkunjung? Dan kalo status hubungan cuma teman apa boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk masa pandemi sepertinya setiap kantor polisi memiliki kebijakan yang berbeda - beda tergantung status atau zona nya. Cuman teman juga boleh menjenguk karena waktu itu juga saya menjenguk teman, tidak ada hubungan keluarga.

      Hapus
  10. Klo tanggal merah bs gak ya berkunjung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih gak bisa kalau tanggal merah

      Hapus
  11. Kalo suamiku masih di polres apa menjenguk harus bayar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis. Setau saya ga ada bayar2 baik menjenguk di kantor polisi maupun di lapas.

      Hapus
  12. Kalo jenguk bawa anak boleh ngga si

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih boleh, waktu itu juga saya lihat ada ibu - ibu bawa anak saat jenguk di kantor polisi

      Hapus
  13. Tahanan kasus perkelahian antara dua orang kenapa keluarga dilarang menjenguk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu sih sepertinya kondisional ya. Soalnya waktu itu ada ibu-ibu yang jenguk suami karena berkelahi boleh - boleh aja.

      Hapus
  14. Kalau hari besar seperti hari raya boleh gak ya menjenguk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari kebijakan polres nya, harus langsung ditanyakan ke tempatnya. Ini kan masih di kantor polisi ya ditahannya. Kalau sudah di lapas biasanya memang ada jadwal khusus untuk hari - hari besar seperti lebaran.

      Hapus
  15. Apakah boleh bawain makanan ringan ,kaya semacam chitato,lays gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja, kalaupun gak boleh pasti dibalikin lagi makanannya dan bisa dibawa pulang lagi.

      Hapus
  16. Kenapa ya kalo di kasus kerabat saya harus bawa uang minimal 300ribu setiap kunjungan dan bawa makanan untuk banyak orang (15 orang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanya dulu itu syarat dari pihak polisinya atau dari kerabat yg dipenjara. Soalnya setau saya menjenguk itu gratis dan tidak diwajibkan bawa makanan, apalagi harus untuk banyak orang seperti itu.

      Hapus
  17. Sodara saya kmren abis berkunjung tapi harus bayar sekian rupiah.. nelpon juga bayar.. kira kira itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin setiap daerah punya kebijakan masing - masing, tapi sepengalaman saya sih tidak pernah diminta uang apapun saat jenguk tahanan di kantor polisi.

      Hapus
  18. Kalau menjenguk tahanan dibatasi jumlahnya brp orang ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyknya sih tergantung kebijakan kantor polisi masing2 ya. Waktu itu saya lihat ada satu keluarga boleh, cuman ya bicaranya giliran karena harus gantian pakai intercom (telepon) nya.

      Hapus
  19. Saya jenguk di polres Tanggerang tuh bayar min dimintain duit 4oo RB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau benar dimintain 400 ribu sih keterlaluan menurut saya. Coba saja tanyakan lagi ke bagian humas atau pusat informasi di kantor polisi tersebut, apakah benar yang jenguk harus bayar segitu. Karena mungkin bisa jadi itu hanya ulah oknum saja yang memanfaatkan keadaan.

      Hapus
  20. Mau tanya itu boleh ngasih uang ga ya ke tahanannya? Harus atau tidak kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih boleh ngasih uang ke tahanan karena disana mereka juga butuh uang setidaknya untuk beli makan atau keperluan pribadi lainnya didalam tahanan, Kalau ada rejeki lebih ya silahkan kasih itung2 sedekah ke orang yang sedang terkena musibah. Tapi kalaupun gak ngasih juga gpp, tidak wajib pada dasarnya. Sama saja seperti kita menjenguk orang yaang sedang sakit.

      Hapus
  21. Min boleh minta informasi klo besuk lapas kaya gimana. Sedikit bnyaknya informasi saya perlu . Karna baru kali ini ngalamin mau besuk tp bingung gimana caranya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalau jenguk ke lapas saya belum pernah pak/bu, mungkin bisa ditanyakan ke group/sosmed yang spesifik di kota/kabupaten bapak/ibu karena bisa saja setiap lapas beda2 prosesnya.

      Hapus
  22. kalo mau jenguk di polres apa harus bawa surat besuk dari polsek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengalaman saya kemarin gak perlu bawa surat apa - apa, langsung isi buku tamu terus ikuti prosedur seperti diatas.

      Hapus
  23. Pak, klo tahanan baru masuk di Polsek, hari ke 6 nya apa sudah bisa dibesuk? Dan apa boleh bawain makanan dan perlengkapan ibadah selain sarung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih sudah boleh dijenguk. makanan dan perlengkapan ibadah juga boleh, perlengkapan mandi juga bisa yang penting jangan yang aneh - aneh.

      Hapus

Nama

Billionaire,2,Business,7,Career,4,CEO,2,entrepreneur,1,Management,7,Motivation,2,Passion,1,Personal,2,Personality,6,Physiology,2,Relationship,4,Soft skill,2,Success,3,Tips,14,Travel,1,Wealthy,1,World Story,6,
ltr
item
Foclass: Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)
Cara Menjenguk orang di Penjara Kantor Polisi (Pengalaman)
Berikut adalah pengalaman pribadi saya menjenguk orang di penjara Kantor Polisi. Kapan saja waktunya? apa saja syaratnya? bagaimana tata caranya? semua akan dibahas dalam artikel ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYWQ5uFlxRGus4d1aHczceGWgqYuTf6564leityCilwhZDgn44m0ilu0smAXjWclvvNMXbW_TrCBQqIr-MVS7EhlFj9Nxy9Wtc5bOkYBP7Cd_RjSjW-I2qbbjVy8m640pzaY2Deu02ZWEv/s640/Pengalaman+Menjenguk+orang+Dipenjara+di+Kantor+Polisi+2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYWQ5uFlxRGus4d1aHczceGWgqYuTf6564leityCilwhZDgn44m0ilu0smAXjWclvvNMXbW_TrCBQqIr-MVS7EhlFj9Nxy9Wtc5bOkYBP7Cd_RjSjW-I2qbbjVy8m640pzaY2Deu02ZWEv/s72-c/Pengalaman+Menjenguk+orang+Dipenjara+di+Kantor+Polisi+2.jpg
Foclass
https://foclass.blogspot.com/2019/03/cara-menjenguk-orang-di-penjara-kantor-polisi.html
https://foclass.blogspot.com/
https://foclass.blogspot.com/
https://foclass.blogspot.com/2019/03/cara-menjenguk-orang-di-penjara-kantor-polisi.html
true
1184865348851696593
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content